MEDIA
RELATIONS
Bagi Public Relations, membangun reputasi di era
digital saat ini merupakan tantangan yang harus dihadapi. Betapa tidak, arus
informasi tersaji dengan cepat. Orang-orang bisa mendapatkan berita terkini
tanpa harus menyalakan layar tv. Hanya dengan mengakses media sosial melalui gadget
masing-masing berita aktual dapat diakses dengan cepat. Public Relations
professional haruslah sadar betul bahwa media memiliki peran penting dalam
kegiatan publikasi. Sehingga penting bagi Public Relations untuk menjalih hubungan
dengan media atau yang selanjutnya disebut dengan Media Relations. Media
relations merupakan aktivitas yang dilakukan oleh seorang Public Relations yang
berhubungan dengan media massa, dalam hal ini adalah kegiatan publikasi
perusahaan. Media relations penting dilakukan bagi seorang Public Relations
karena tujuan utamanya adalah untuk reputasi perusahaan.
Media relations merupakan bentuk strategi
komunikasi seorang Public Relations professional dalam menjaga hubungan dengan
media. Menjalin dan mempertahankan hubungan baik dengan media amatlah penting
bagi seorang Public Relations. Sebab media adalah sarana publikasi, dimana
segala informasi tentang perusahaan disalurkan selain itu media juga merupakan
sarana untuk membangun reputasi. Saat ini media merupakan acuan public untuk
bergerak dan bertindak, publik seolah digiring oleh media untuk berperilaku
sesuai dengan isu yang ada. Pasalnya Jika media menggiring publik ke arah yang
negative maka hal ini akan membawa dampak yang kurang menguntukan bagi perusahaan
karena dapat mempengaruhi reputasi perusahaan. Jika media menggiring kearah
yang positif maka ini akan meningkatkan reputasi perusahaan. Sehingga penting
sekali bagi Public Relations professional untuk menjalin hubungan baik dengan
media.
Melalui media, reputasi perusahaan terbangun.
Support dan jaringan bagi perusahaan juga terbangun. Ketika hubungan media
terjalin dengan baik, maka kepercayaan public terhadap perusahaan juga pastinya
akan semakin kuat sebab pesan yang disampaikan oleh media diterima oleh public
dengan baik pula. Rini Damastuti dalam bukunya yang berjudul Media Relations:
Konsep Strategi dan Aplikasi (2012) menyebutkan bahwa kegiatan media relations
terbagi menjadi dua bentuk. Pertama adalah tulisan seperti press release,
tulisan yang ditujukan kepada editor, pemberitahuan megenai layanan publik dan
komunikasi melalui media di internet. Kedua adalah dengan menggelar suatu
kegiatan atau acara, contohnya media gathering atau media relations
yang dibuat oleh praktisi PR, press call yang dilakukan untuk
menyampaikan informasi melalui telepon, media events seperti undangan bagi
media untuk menjadi sponsor dalam suatu kegiatan, kemudian tentunya adalah
konferensi pers dengan media.
Kunci dari kegiatan media relations adalah
konsistensi. Public Relations harus selalu memberikan informasi kepada media
secara rutin dan haruslah sering mengadakan pertemuan untuk sekedar sharing
santai. Hal ini penting dilakukan karena media akan selalu menginginkan
informasi setiap hari setiap saat. Konsistensi juga diperlukan dalam konten
publikasi agar tidak membosankan. Public Relations harus memikirkan
berita yang akan dimuat, siapa audience nya, relevansi berita, durasi
penyampaian berita, keakuratan berita, dan siapa penyampai beritanya. Sehingga
pesan yang disampaikan melalui media dapat diterima dengan baik oleh publik.
Terakhir adalah pentingnya seorang Public Relations melakukan evaluasi dari
aktivitas media relations yang dilakukan. Bagaimanapun juga media relations
adalah startegi yang dilakukan oleh public relations dalam membangun dan
mempertahankan reputasi perusahaan. Oleh karenanya setiap aktivitas yang telah
dilaksanakan perlu dievaluasi. Proses evaluasi dilakukan untuk mengetahui apa
yang kurang dan sebaiknya dipertahankan dari kinerja yang telah dilakukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar